RPP MATEMATIKA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

Satuan Pembelajaran                     : SDN 2 Sekura Kecamatan Teluk Keramat
Kelas                                                     : I/I
Tema                                                     : KELUARGAKU(4)
Sub Tema                                              : ANGGOTA KELUARGAKU (6)
Pertemuan Ke                                       :
Alokasi Waktu                                       : 5 x35 menit

A. Kompetensi Inti:
K1  : Menerimadan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
K2  : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
K3  : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [ Mendengar, melihat, membaca]dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
K4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman  dan berakhlak mulia.

B.Kompetensi Dasar dan indikator pencapaian pembelajaran:
Kompetensi Dasar:
PPKN
3.1  Memahami simbol sila-sila pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1  Melakukan kegiatan sesuai dengan sila-sila pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
Indikator :
3.1.5  Menyebutkan simbol sila-sila pertama pancasila.
4.1.5  Merenungkan Karunia Tuhan yang Maha Esa.

BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar:
3.10  mengenal Kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa indonesia atau bahasa daerah.
4.10  menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah.
Indikator :
3.10.3  mengindentifikasikan kosakata tentang hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.
4.10.3  Bercerita tentang keluarga dengan kosakata kekeluargaan.

Matematika:
3.6. mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.
4.6. Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar dengan  menggunakan berbagai benda konkrit.
Indikator :
3.6.3. Menyebutkan benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran.
4.6.2. menjiplak bentuk bangun datar.


C. Tujuan
1. Dengan Membaca nyaring dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga dengan percaya diri.
2. Dengan Mengamati Ilustrasi gambar, siswadapat mengidentifikasikan jenis permainan yang memiliki unsur segiempat,segitiga, dan lingkaran dengan teliti.
3. Dengan mengamti ilustrasi gambar , siswa dapat mengelompokan jenis permainan yang memiliki unur segiempat,segitiga, dan lingkaran dengan teliti.
4. Dengan mengamati gambar,  siswa dapat menyebutkan simbol sila pertama pancasila dengan benar.
5. Dengan penjelasan guru, siswa dapat merenungkan Karunia Tuhan yang Maha Esa dengan penuh rasa syukur.

D. Materi Pokok
1. Membaca dengan nyaring “Bermain Bersama” hal. 34
2. Bercerita sikap apa yang harus kamu tunjukan saat bermain. Hal 35
3. Mengamati bentuk bangun datar. Hal 35
4. Berlatih memasangkan simbol. Hal 37
5. Mendiskusikan Cerita. Hal 37
6. Berlatih menjawab soal sila-sila. Hal 38

E. Materi Pembelajaran
1. Membaca dengan nyaring “Bermain Bersama” hal. 34
                Siswa bersama guru membaca nyaring teks “ Bermain Bersama”  terdapat pada buku siswa halaman 34
2. Bercerita sikap apa yang harus kamu tunjukan saat bermain. Hal 35
                Siswa diminta bercerita ketika bermain bersama kakak atau adik terdapat pada buku siswa  halam 35
3. Mengamati bentuk bangun datar. Hal 35
                Siswa diminta mengamati bangun datar dan temukan bentuk segiempat, segitiga dan lingkaran terdapat pada buku siswa halaman 35 dan 36
4. Berlatih memasangkan simbol. Hal 37
                Siswa diminta memasangkan atau menarik garis ke arah pasangannya yang benar terdapat pada buku siswa halaman 37.
5. Mendiskusikan cerita. Hal 37
                Siswa diminta mendiskusikan dengan teman sebangku tentang apakah simbol sila pertama terdapat pada buku siwa halaman 37.
6. Mencoba memberi tanda  () pada kotak. Hal 38
                Siswa diminta memberi tanda pada kotak dengan benar terdapat pada buku siswa halaman38
7. Berlatih menjawab soal sila-sila. Hal 38
                Siswa diminta untuk menjawab soal sila-sila terdapat pada buku siswa halaman 38


F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan       : Saintifik
Metod                  : Pendugasan, Tanya jawab dan ceramah

G. Media Alat Pembelajaran
·         Buku pegangan siswa
·         Simbol-simbol sila pancasila
·         Alat permainan yang memiliki unsur berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran


H. Sumber Belajar
·         Novi Adellian ,dkk.2013. Buku Guru Tema 4 “Keluargku” Tematik Kurikulum 2013 unuk SD/MI kelas I .jakarta: kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. ( Halaman 42 )
·         Novi Adellian , dkk.2013. Buku SiswaTema 4 “Keluargaku” Tematik Kurikulum2013 untuk SD/MI kelas I .jakarta : Kementrian pendidikan dan kebudayaan. ( Halaman 33)


I.                    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pembuka
             Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar siswa, dan doa bersama.
             Mengondisikan siswa dengan menyanyikan lagu Di Sini Senang di Sana Senang.
             Memeriksa kerapian pakaian dan kebersihan kelas.
             Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
             Siswa menyimak arahan guru tentang sikap  syukur, berdoa, dan kerjasama.
             Siswa memperhatikan penjelasaan guru atas materi sebelumnya, yaitu silsilah keluarga.


Kegiatan Inti (135 menit)
             Siswa bersama guru, membaca nyaring teks Bermain bersama
BERMAIN BERSAMA
Bermain bersama Hari minggu udara cerah.
Udin dan Kak Mutiara bermain di halaman.
Udin bermain mobil-mobilan, yoyo dan kartu huruf.
Kak Mutiara bermain ular tangga.
Juga membawa gelang dari plastik, buku gambar, pensil warna dan penggaris segitiga.
Mereka saling tukar mainan. Mereka senang bermain bersama.

             Siswa diarahkan untuk saling mengajukan tanya jawab tentang teks yang dibaca. Guru dapat membantu dengan memberikan contoh pertanyaan :
 ~“Kapan mereka bermain?”
 ~“Apa saja yang mereka mainkan?”.
             Perwakilan siswa diminta menceritakan kembali isi bacaan.
Kegiatan II
             Siswa diminta menyiapkan cerita ketika bermain dengan saudara.
             Perwakilan siswa menceritakan di depan kelas

Kegiatan III
             Siswa menyimak penjelasan guru, bahwa dalam alat permainan, kita dapat menemukan bentuk segiempat, segitiga, atau lingkaran.
            Mintalah siswa mengamati alat permainan pada gambar ilustrasi dalam teks Bermain bersama. Atau jika memungkinkan guru bisa membawa mainan yang berbentuk segiempat, segitiga atau lingkaran.
             Dengan mengamati gambar ilustrasi pada teks Bermain bersama atau dengan menggunakan alat permainan yang telah disiapkan, siswa secara berkelompok diminta mengelompokkan alat permainan yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran.
             Siswa mengisi mengisi kolom yang tersedia. Guru menekankan pentingnya sikap ketelitian.      Perwakilan siswa mempresentasikan hasilnya.

Kegiatan IV
             Siswa menyimak cerita  guru. Ketika Udin dan Kak Mutiara sedang asyik bermain, ibu datang dan memberi mainan. Permainannya berupa kumpulan kalimat dan gambar. Cara bermainnya dengan memasangkan kalimat dan gambar yang sesuai. Mereka senang sekali.
             Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya menjaga dan merawat mainan. Sikap tersebut sebagai tanda bersyukur yang sesuai dengan sila pertama dalam Pancasila.  Ingatkan dan mintalah siswa untuk menghafal bunyi sila pertama dan lambangnya, sebagaimana pembelajaran 1 dan 3.
             Mintalah siswa untuk  memasangkan teks sila pertama Pancasila dengan simbolnya.

Kegiatan V
             Siswa diminta mendiskusikan simbol sila pertama Pancasila.
             Perwakilan siswa menceritakan hasil diskusi.

Kegiatan VI
             Siswa diajak merenung betapa banyak karunia Tuhan yang mereka terima, salah satunya memiliki  mainan dan bermain bersama keluarga. Karunia lain berupa keluarga yang bahagia, guru yang menyayangi, sekolah yang nyaman, teman yang baik, badan sehat dan sebagainya.
             Siswa diminta mengisi lembar ceklis Ayo Mencoba.
Kegiatan VII
             Siswa mengisi pertanyaan tentang nomor dan bentuk simbol sila pertama Pancasila

Kegiatan Penutup
             Siswa bersama guru melakukan refleksi : ~Materi apa saja yang telah dipahami? ~Materi apa saja yang belum dipahami? ~Adakah hal-hal yang ingin diketahui oleh siswa lebih lanjut? ~Bagaimana perasaan selama pembelajaran berlangsung?
            Siswa menyimak penguatan guru atas materi yang disampaikan, termasuk menjawab soal pada bagian Ayo Berlatih.
             Bersama siswa, guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran,   termasuk menekankan sikap syukur, berdoa, dan kerjasama.
             Guru menyampaikan apresiasi karena siswa telah bersikap baik dan menunjukkan semangat  selama pembelajaran.
             Kegiatan ditutup dengan merapikan pakaian, peralatan belajar, kebersihan kelas, yel-yel kelas dan doa bersama.

Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Sikap Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian sikap).
2. Penilaian Pengetahuan Menyebutkan simbol sila pertama Pancasila. Jumlah soal 3 :
a. Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan sila ke ... Pancasila.
b. Simbol sila Ketuhanan Yang Maha Esa berbentuk ....
c. Pasangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dengan simbolnya. (Ikon Ayo Lakukan pada buku siswa).
 ~ Jawaban benar yang diharapkan = 3
~ Jika jawaban benar, skor = 2
~ Skor maksimal = 2 x 3 = 6
~  x 100 = ....

Konversi nilai
(Skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
 0-50
D
K(Kurang)

Soal dan Kunci Jawaban
1.       Isilah titik-titik di bawah ini temukan segiempat, segitiga dan lingkaran?
                 
BENTUK BANGUN DATAR


......





                                   ......



                                  ......



Kunci Jawaban :

GAMBAR
BENTUK BANGUN DATAR


LINGKARAN





                                   SEGITIGA



                                  SEGIEMPAT


2.       Pasangkanlah simbol sila pertama, kedua, ketiga pancasila

Description: Arti Lambang Pancasila | Jati Diri Indonesia yang Luar Biasa                                                                                  Ketuhanan yang mahaEsa

 Description: Penyimpangan Terhadap <b>Sila</b> Pertama Pancasila | Bumblebee
                                                                                                  Kemanusiaan Yang adil dan beradap
Description: arti pancasila, garuda pancasila, ideologi pancasila, pengertian ...
               Description: arti pancasila, garuda pancasila, ideologi pancasila, pengertian ...                                                                                    Persatuan indonesia      
Kunci jawaban :
1.       Bintang yang melambangkan sila pertama Pancasila
2.       Rantai yang melambangkan sila kedua pancasila
3.       Pohon beringin melambangkan sila ketiga pancasila

3.Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat
      1. Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan sila ... Pancasila.
      2. Simbol sila Ketuhanan Yang Maha Esa berbentuk ....
      3. Kemanusiaan yang adil dan beradap merupakn sila ...pancasila
      4. simbol sila kemanusiaan yang adil dan beradap berbentuk ...
 Kunci jawaban :
1.       Ketuhanan yang maha sa merupakan sila pertama pancasila
2.       Simbol sila ketuhanan yang maha esa berbentuk Bintang
3.       Kemanusiaan yang adil dan berdaap merupakan sila kedua pancasila
4.       Simbol sila kemanusiaan yang adil dan beradap berbentuk rantai

Pedoman Pensekoran
Hasil

Skor
Jika Jawaban benar
Jikajawaban salah

Jika Jawaban benar 3
Jika Jawaban salah 0
30
Jika jawaban benar 2
Jika jawaban salah 1
20
Jika jawaban benar 1
Jka jawaban salah 2
10
Jika jawaban benar 0
Jka jawaban salah 3
0

Keterangan :
Jumlah Maksimal 30
  100

Tabel Penskoran no.2

Hasil

Skor
Jawaban benar
Jawaban salah

Jika jawaban benar 5
Jika jawaban salah 0
20
Jika jawaban benar4
Jika jawaban salah 1
16
Jikajawaban benar 3
Jika jawaban salah2
12
Jika jawaban benar 2
Jika jawaban salah 3
8
Jika jawaban benar 1
Jika jawaban salah 4
4
Jika jawaban benar 0
Jika jawaban salah 5
1



Keterangan:
Jumlah skor maksimal 20

Tabel penskoran no3
Nilai
skor
Jika jawaban benar 4
40
Jika jawaban benar3
30
Jika jawaban benar2
20
Jika jawaban benar 1
10
Jikajawaban benar 0
0

Keterangan :
 Jumlah skormaksimal 40

 
Penilaian keterampilan
Aspek
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu pendapingan
(1)
Bercerita pengalaman bermain bersama keluarga
Memenuhi 4 kriteria (Isi cerita sesuai, runut, ekspresi sesuai, percaya diri)
Memenuhi 3 dari 4 kriteria
Memenuhi 2 dari 4 kriteri
Memenuhi 1 dari 4 kriteria
Mengelompokkan benda-benda konkrit berdasarkan bentuk bangun datar. (Lihat pada bagian ‘ Ayo Amati’’
Memenuhi 4 kriteria (menemukan minimal 3 bangun datar, terlihat kerjasama kelompok, diselesaikan tepat waktu, dan rapi dalam penulisan jawaban)
Memenuhi 3 dari 4 kriteria
Memenuhi 2 dari 4 kriteri
Memenuhi 1 dari 4 kriteria


Lembar peilaian keterampilan
1.       Berceritapengalaman bermain bersama keluarga

NO
Nama siswa
Isi cerita sesuai
Runut
Eksoresi sesuai
Percaya diri
Skor
Predikat
1.







2.







3.









2.       Mengelompokan benda-benda konkrit berdasarkan bentuk bangun datar . (lihat pada bagian “ayo amatia’
No
Nama siswa
Menemukan minimal 3 bangun datar
Terlihat kerja sama kelompok
Diselesaikan tepat waktu
Rapi
Skor
Predikat
1.







2.







3.









Penilaian sikap
                Lembar observasi sikap spiritual
Nama                   : Arora Kelas/Sem    
Kelas                     : I/Sem 1
Pelaksanaan pengamatan:  Di luar/di dalam pembelajaran
No
Aspek yang di amati
tanggal
Catatan guru
1.
Ketaatan beribadah
01/08/2016
Mengajak teman shalat berjamaah


16/09/2016
Mengikuti perayaan hari besar agama
2.
Perilakujujur
27/08/2016
Menerima Penugasan dengan gembira


Nama    : Beni
 Kelas    : I/Sem 1
Pelaksanaan pengamatan: Di luar/di dalam pembelajaran
No
Aspek yang diamati
tanggal
Catatan guru
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
01/08/2016
Berdoa sebelum makan


16/09/2016
Mengingatkanteman untuk berdoa
2.
Toleransi dalam beribadah
27/08/2016
Menghormati teman yang merayakan hari besar agamanya


Contoh lembar observasi sikap sosial
                Nama                                    : Arora
                Kelas/sem                           : kelas1semester 1
                Pelaksanaa pengamatan: diluar/didalam pembelajaran

no
Aspek yang di amati
Tanggal
Catatan guru
1.
Jujur
01/06/16
Mengerjakan ulangan sendiri


16/09/16
berbohong
2.
Santun
27/08/16
Berbicara halus dan santun


Nama                                    : Dayu
Kelas/sem                           : kelas 1 semester
Pelaksanaan pengamatan diluar/ didalam pembelajaran

no
Aspek yang diamati
Tanggal
Catatan guru
1.
Disiplin
01/08/16
Melaksanakan piket kebersihan kelas


16/09/16
Tepat waktumasuk kekelas
2.
Tanggung jawab
27/06/16
Mengakui kesalahan

Nama                                    : Udin
Kela/sem                             : kelas 1 semester 1
Pelaksanaan pengamatan di luar/ di dalam pembelajaran
No
Aspek yang di amati
Tanggal
Catatan guru
1.
Peduli
01/08/16
Menjenguk teman yang sakit


16/09/16
Perhatian terhadap keberhasilan kelas
2.
Percaya diri
27/08/16
Berani mengemukakan pendapat

Lampiran Penilaian
1.       Kegiatan bercerita
No
Nama siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
1




2




3




T: terlihat :BT Belum terlihat
Kriteria 1 : banyak kalimat di atas 10 kalimat
Kriteria 2 : suuara terdengar
                Kriteria  3 : menggunakan bahasa baku

Penilaian sikap
no
Nama siswa
Sikap spiritual
Sikap sosial
1
Arora


2
Udin


3
Dayu


3
Lala



Keterangan:
T : terlihat BT : Belum terlihat

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Pendidikan – Taman Ilmu

RPP Bahasa Indonesia