RPP MATEMATIKA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Satuan Pembelajaran : SDN 2 Sekura Kecamatan Teluk Keramat
Kelas :
I/I
Tema :
KELUARGAKU(4)
Sub Tema :
ANGGOTA KELUARGAKU (6)
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
5 x35 menit
A.
Kompetensi Inti:
K1 : Menerimadan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
K2 :
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
K3 :
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [ Mendengar, melihat,
membaca]dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
K4 :
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.
B.Kompetensi
Dasar dan indikator pencapaian pembelajaran:
Kompetensi
Dasar:
PPKN
3.1
Memahami simbol sila-sila pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”.
4.1
Melakukan kegiatan sesuai dengan sila-sila pancasila dalam lambang
negara “Garuda Pancasila”.
Indikator :
3.1.5
Menyebutkan simbol sila-sila pertama pancasila.
4.1.5
Merenungkan Karunia Tuhan yang Maha Esa.
BAHASA
INDONESIA
Kompetensi
Dasar:
3.10
mengenal Kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah
keluarga dalam bahasa indonesia atau bahasa daerah.
4.10
menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan
dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah.
Indikator
:
3.10.3
mengindentifikasikan kosakata tentang hubungan kekeluargaan dari kalimat
sederhana yang diberikan oleh guru.
4.10.3
Bercerita tentang keluarga dengan kosakata kekeluargaan.
Matematika:
3.6. mengenal bangun ruang dan bangun datar
dengan menggunakan berbagai benda konkrit.
4.6. Mengklasifikasikan bangun ruang dan
bangun datar dengan menggunakan berbagai
benda konkrit.
Indikator
:
3.6.3. Menyebutkan benda-benda yang berbentuk
segiempat, segitiga dan lingkaran.
4.6.2. menjiplak bentuk bangun datar.
C. Tujuan
1. Dengan Membaca nyaring dan menyimak
penjelasan guru, siswa dapat menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga
dengan percaya diri.
2. Dengan Mengamati Ilustrasi gambar,
siswadapat mengidentifikasikan jenis permainan yang memiliki unsur segiempat,segitiga,
dan lingkaran dengan teliti.
3. Dengan mengamti ilustrasi gambar , siswa
dapat mengelompokan jenis permainan yang memiliki unur segiempat,segitiga, dan
lingkaran dengan teliti.
4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan simbol sila pertama
pancasila dengan benar.
5. Dengan penjelasan guru, siswa dapat
merenungkan Karunia Tuhan yang Maha Esa dengan penuh rasa syukur.
D. Materi
Pokok
1. Membaca dengan nyaring “Bermain Bersama”
hal. 34
2. Bercerita sikap apa yang harus kamu
tunjukan saat bermain. Hal 35
3. Mengamati bentuk bangun datar. Hal 35
4. Berlatih memasangkan simbol. Hal 37
5. Mendiskusikan Cerita. Hal 37
6. Berlatih menjawab soal sila-sila. Hal 38
E. Materi
Pembelajaran
1. Membaca dengan nyaring “Bermain Bersama”
hal. 34
Siswa
bersama guru membaca nyaring teks “ Bermain Bersama” terdapat pada buku siswa halaman 34
2. Bercerita sikap apa yang harus kamu
tunjukan saat bermain. Hal 35
Siswa
diminta bercerita ketika bermain bersama kakak atau adik terdapat pada buku
siswa halam 35
3. Mengamati bentuk bangun datar. Hal 35
Siswa
diminta mengamati bangun datar dan temukan bentuk segiempat, segitiga dan
lingkaran terdapat pada buku siswa halaman 35 dan 36
4. Berlatih memasangkan simbol. Hal 37
Siswa
diminta memasangkan atau menarik garis ke arah pasangannya yang benar terdapat
pada buku siswa halaman 37.
5. Mendiskusikan cerita. Hal 37
Siswa
diminta mendiskusikan dengan teman sebangku tentang apakah simbol sila pertama
terdapat pada buku siwa halaman 37.
6. Mencoba memberi tanda () pada kotak. Hal 38
Siswa
diminta memberi tanda pada kotak dengan benar terdapat pada buku siswa
halaman38
7. Berlatih menjawab soal sila-sila. Hal 38
Siswa
diminta untuk menjawab soal sila-sila terdapat pada buku siswa halaman 38
F. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Metod :
Pendugasan, Tanya jawab dan ceramah
G. Media
Alat Pembelajaran
·
Buku pegangan siswa
·
Simbol-simbol sila pancasila
·
Alat permainan yang memiliki unsur
berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran
H. Sumber
Belajar
·
Novi Adellian ,dkk.2013. Buku Guru
Tema 4 “Keluargku” Tematik Kurikulum 2013 unuk SD/MI kelas I .jakarta:
kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (
Halaman 42 )
·
Novi Adellian , dkk.2013. Buku
SiswaTema 4 “Keluargaku” Tematik Kurikulum2013 untuk SD/MI kelas I .jakarta :
Kementrian pendidikan dan kebudayaan. (
Halaman 33)
I.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pembuka
• Kelas
dibuka dengan salam, menanyakan kabar siswa, dan doa bersama.
• Mengondisikan
siswa dengan menyanyikan lagu Di Sini Senang di Sana Senang.
• Memeriksa
kerapian pakaian dan kebersihan kelas.
• Siswa menyimak penjelasan guru
tentang aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Siswa
menyimak arahan guru tentang sikap
syukur, berdoa, dan kerjasama.
• Siswa memperhatikan penjelasaan guru
atas materi sebelumnya, yaitu silsilah keluarga.
Kegiatan Inti (135 menit)
• Siswa
bersama guru, membaca nyaring teks Bermain bersama
BERMAIN
BERSAMA
Bermain
bersama Hari minggu udara cerah.
Udin
dan Kak Mutiara bermain di halaman.
Udin
bermain mobil-mobilan, yoyo dan kartu huruf.
Kak
Mutiara bermain ular tangga.
Juga
membawa gelang dari plastik, buku gambar, pensil warna dan penggaris segitiga.
Mereka
saling tukar mainan. Mereka senang bermain bersama.
• Siswa diarahkan untuk saling
mengajukan tanya jawab tentang teks yang dibaca. Guru dapat membantu dengan
memberikan contoh pertanyaan :
~“Kapan mereka bermain?”
~“Apa saja yang mereka mainkan?”.
• Perwakilan siswa diminta
menceritakan kembali isi bacaan.
Kegiatan II
• Siswa
diminta menyiapkan cerita ketika bermain dengan saudara.
• Perwakilan siswa menceritakan di
depan kelas
Kegiatan III
• Siswa menyimak penjelasan guru,
bahwa dalam alat permainan, kita dapat menemukan bentuk segiempat, segitiga,
atau lingkaran.
• Mintalah siswa mengamati alat
permainan pada gambar ilustrasi dalam teks Bermain bersama. Atau jika
memungkinkan guru bisa membawa mainan yang berbentuk segiempat, segitiga atau
lingkaran.
• Dengan mengamati gambar ilustrasi
pada teks Bermain bersama atau dengan menggunakan alat permainan yang telah
disiapkan, siswa secara berkelompok diminta mengelompokkan alat permainan yang
berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran.
• Siswa
mengisi mengisi kolom yang tersedia. Guru menekankan pentingnya sikap
ketelitian. • Perwakilan siswa mempresentasikan hasilnya.
Kegiatan IV
• Siswa menyimak cerita guru. Ketika Udin dan Kak Mutiara sedang
asyik bermain, ibu datang dan memberi mainan. Permainannya berupa kumpulan
kalimat dan gambar. Cara bermainnya dengan memasangkan kalimat dan gambar yang
sesuai. Mereka senang sekali.
• Siswa menyimak penjelasan guru
tentang pentingnya menjaga dan merawat mainan. Sikap tersebut sebagai tanda
bersyukur yang sesuai dengan sila pertama dalam Pancasila. Ingatkan dan mintalah siswa untuk menghafal
bunyi sila pertama dan lambangnya, sebagaimana pembelajaran 1 dan 3.
• Mintalah
siswa untuk memasangkan teks sila
pertama Pancasila dengan simbolnya.
Kegiatan V
• Siswa
diminta mendiskusikan simbol sila pertama Pancasila.
• Perwakilan
siswa menceritakan hasil diskusi.
Kegiatan VI
• Siswa diajak merenung betapa banyak
karunia Tuhan yang mereka terima, salah satunya memiliki mainan dan bermain bersama keluarga. Karunia
lain berupa keluarga yang bahagia, guru yang menyayangi, sekolah yang nyaman,
teman yang baik, badan sehat dan sebagainya.
• Siswa
diminta mengisi lembar ceklis Ayo Mencoba.
Kegiatan VII
• Siswa
mengisi pertanyaan tentang nomor dan bentuk simbol sila pertama Pancasila
Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru melakukan
refleksi : ~Materi apa saja yang telah dipahami? ~Materi apa saja yang belum
dipahami? ~Adakah hal-hal yang ingin diketahui oleh siswa lebih lanjut?
~Bagaimana perasaan selama pembelajaran berlangsung?
• Siswa menyimak penguatan guru atas
materi yang disampaikan, termasuk menjawab soal pada bagian Ayo Berlatih.
• Bersama siswa, guru menyimpulkan
kegiatan pembelajaran, termasuk
menekankan sikap syukur, berdoa, dan kerjasama.
• Guru menyampaikan apresiasi karena
siswa telah bersikap baik dan menunjukkan semangat selama pembelajaran.
• Kegiatan ditutup dengan merapikan pakaian,
peralatan belajar, kebersihan kelas, yel-yel kelas dan doa bersama.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian
sikap).
2.
Penilaian Pengetahuan Menyebutkan simbol sila pertama Pancasila. Jumlah soal 3
:
a. Ketuhanan Yang
Maha Esa merupakan sila ke ... Pancasila.
b. Simbol sila
Ketuhanan Yang Maha Esa berbentuk ....
c. Pasangkan sila
Ketuhanan Yang Maha Esa dengan simbolnya. (Ikon Ayo Lakukan pada buku siswa).
~ Jawaban benar yang diharapkan = 3
~
Jika jawaban benar, skor = 2
~
Skor maksimal = 2 x 3 = 6
~
x 100 = ....

Konversi nilai
(Skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K(Kurang)
|
Soal dan Kunci
Jawaban
1.
Isilah titik-titik di bawah ini
temukan segiempat, segitiga dan lingkaran?
BENTUK BANGUN DATAR
|
|
![]() |
......
|
![]() |
......
|
![]() |
......
|
Kunci Jawaban :
GAMBAR
|
BENTUK BANGUN DATAR
|
![]() |
LINGKARAN
|
![]() |
SEGITIGA
|
![]() |
SEGIEMPAT
|
2.
Pasangkanlah simbol sila pertama,
kedua, ketiga pancasila





Kunci jawaban :
1.
Bintang yang melambangkan sila
pertama Pancasila
2.
Rantai yang melambangkan sila
kedua pancasila
3.
Pohon beringin melambangkan sila
ketiga pancasila
3.Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat
1. Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan sila ...
Pancasila.
2.
Simbol sila Ketuhanan Yang Maha Esa berbentuk ....
3.
Kemanusiaan yang adil dan beradap merupakn sila ...pancasila
4.
simbol sila kemanusiaan yang adil dan beradap berbentuk ...
Kunci
jawaban :
1.
Ketuhanan yang maha sa merupakan
sila pertama pancasila
2.
Simbol sila ketuhanan yang maha
esa berbentuk Bintang
3.
Kemanusiaan yang adil dan berdaap
merupakan sila kedua pancasila
4.
Simbol sila kemanusiaan yang adil
dan beradap berbentuk rantai
Pedoman Pensekoran
Hasil
|
|
Skor
|
Jika Jawaban benar
|
Jikajawaban salah
|
|
Jika Jawaban benar 3
|
Jika Jawaban salah 0
|
30
|
Jika jawaban benar 2
|
Jika jawaban salah 1
|
20
|
Jika jawaban benar 1
|
Jka jawaban salah 2
|
10
|
Jika jawaban benar 0
|
Jka jawaban salah 3
|
0
|
Keterangan :
Jumlah Maksimal 30

Tabel Penskoran no.2
Hasil
|
|
Skor
|
Jawaban benar
|
Jawaban salah
|
|
Jika jawaban benar 5
|
Jika jawaban salah 0
|
20
|
Jika jawaban benar4
|
Jika jawaban salah 1
|
16
|
Jikajawaban benar 3
|
Jika jawaban salah2
|
12
|
Jika jawaban benar 2
|
Jika jawaban salah 3
|
8
|
Jika jawaban benar 1
|
Jika jawaban salah 4
|
4
|
Jika jawaban benar 0
|
Jika jawaban salah 5
|
1
|
Keterangan:
Jumlah skor maksimal 20

Tabel penskoran no3
Nilai
|
skor
|
Jika jawaban benar 4
|
40
|
Jika jawaban benar3
|
30
|
Jika jawaban benar2
|
20
|
Jika jawaban benar 1
|
10
|
Jikajawaban benar 0
|
0
|
Keterangan :
Jumlah
skormaksimal 40

Penilaian keterampilan
Aspek
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu pendapingan
(1)
|
Bercerita pengalaman bermain bersama keluarga
|
Memenuhi 4 kriteria (Isi cerita sesuai, runut, ekspresi
sesuai, percaya diri)
|
Memenuhi 3 dari 4 kriteria
|
Memenuhi 2 dari 4 kriteri
|
Memenuhi 1 dari 4 kriteria
|
Mengelompokkan benda-benda konkrit berdasarkan bentuk
bangun datar. (Lihat pada bagian ‘ Ayo Amati’’
|
Memenuhi 4 kriteria (menemukan minimal 3 bangun datar,
terlihat kerjasama kelompok, diselesaikan tepat waktu, dan rapi dalam
penulisan jawaban)
|
Memenuhi 3 dari 4 kriteria
|
Memenuhi 2 dari 4 kriteri
|
Memenuhi 1 dari 4 kriteria
|
Lembar peilaian keterampilan
1.
Berceritapengalaman bermain
bersama keluarga
NO
|
Nama siswa
|
Isi cerita sesuai
|
Runut
|
Eksoresi sesuai
|
Percaya diri
|
Skor
|
Predikat
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Mengelompokan benda-benda konkrit
berdasarkan bentuk bangun datar . (lihat pada bagian “ayo amatia’
No
|
Nama siswa
|
Menemukan minimal 3
bangun datar
|
Terlihat kerja sama
kelompok
|
Diselesaikan tepat waktu
|
Rapi
|
Skor
|
Predikat
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian sikap
Lembar
observasi sikap spiritual
Nama : Arora Kelas/Sem
Kelas
: I/Sem 1
Pelaksanaan pengamatan: Di luar/di dalam pembelajaran
No
|
Aspek yang di amati
|
tanggal
|
Catatan guru
|
1.
|
Ketaatan beribadah
|
01/08/2016
|
Mengajak teman shalat berjamaah
|
|
|
16/09/2016
|
Mengikuti perayaan hari besar agama
|
2.
|
Perilakujujur
|
27/08/2016
|
Menerima Penugasan dengan gembira
|
Nama
: Beni
Kelas : I/Sem 1
Pelaksanaan pengamatan: Di luar/di dalam
pembelajaran
No
|
Aspek yang diamati
|
tanggal
|
Catatan guru
|
1.
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
01/08/2016
|
Berdoa sebelum makan
|
|
|
16/09/2016
|
Mengingatkanteman untuk berdoa
|
2.
|
Toleransi dalam beribadah
|
27/08/2016
|
Menghormati teman yang merayakan hari besar agamanya
|
Contoh lembar observasi sikap sosial
Nama : Arora
Kelas/sem : kelas1semester 1
Pelaksanaa
pengamatan: diluar/didalam pembelajaran
no
|
Aspek yang di amati
|
Tanggal
|
Catatan guru
|
1.
|
Jujur
|
01/06/16
|
Mengerjakan ulangan sendiri
|
|
|
16/09/16
|
berbohong
|
2.
|
Santun
|
27/08/16
|
Berbicara halus dan santun
|
Nama :
Dayu
Kelas/sem :
kelas 1 semester
Pelaksanaan pengamatan diluar/ didalam
pembelajaran
no
|
Aspek yang diamati
|
Tanggal
|
Catatan guru
|
1.
|
Disiplin
|
01/08/16
|
Melaksanakan piket kebersihan kelas
|
|
|
16/09/16
|
Tepat waktumasuk kekelas
|
2.
|
Tanggung jawab
|
27/06/16
|
Mengakui kesalahan
|
Nama :
Udin
Kela/sem :
kelas 1 semester 1
Pelaksanaan pengamatan di luar/ di dalam
pembelajaran
No
|
Aspek yang di amati
|
Tanggal
|
Catatan guru
|
1.
|
Peduli
|
01/08/16
|
Menjenguk teman yang sakit
|
|
|
16/09/16
|
Perhatian terhadap keberhasilan kelas
|
2.
|
Percaya diri
|
27/08/16
|
Berani mengemukakan pendapat
|
Lampiran Penilaian
1.
Kegiatan bercerita
No
|
Nama siswa
|
Kriteria
1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
T: terlihat :BT Belum terlihat
Kriteria 1 : banyak kalimat
di atas 10 kalimat
Kriteria 2 : suuara terdengar
Kriteria 3 : menggunakan bahasa baku
Penilaian sikap
no
|
Nama siswa
|
Sikap spiritual
|
Sikap sosial
|
1
|
Arora
|
|
|
2
|
Udin
|
|
|
3
|
Dayu
|
|
|
3
|
Lala
|
|
|
Keterangan:
T : terlihat BT : Belum terlihat
Gambarx kok g kebuka yaaaaa
BalasHapus